Pengaruh Pemberian Umpan Balik (Feedback) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Kingdom Animalia di SMAN 1 Payakumbuh

Rohmah, Khozanatur (2023) Pengaruh Pemberian Umpan Balik (Feedback) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Kingdom Animalia di SMAN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_KHOZANATUR_ROHMAH_19031023_5405_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan motivasi belajar biologi peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Payakumbuh tergolong masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya nilai ulangan harian biologi peserta didik serta kurangnya semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu penyebab permasalahan ini karena pemberian umpan balik yang masih kurang diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian umpan balik (feedback) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa pada materi kingdom Animalia di SMAN 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini quasy eksperimental design dengan rancangan penelitian randomized control group posttest-only design. Desain penelitian melibatkan kelompok eksperimen dan kontrol yang dibandingkan dengan menggunakan hasil posttest setelah perlakuan diberikan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2023. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Payakumbuh, sedangkan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA3 dan X MIPA4. Instrumen penelitian adalah kuisioner sebanyak 22 pernyataan untuk data motivasi belajar dan posttest sebanyak 18 butir untuk data hasil belajar peserta didik. Data dianalisis mengguanakan uji independent sample t-test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai t hitung data motivasi belajar yaitu 5,55 sedangkan nilai t tabel yaitu 1,99. Hal ini mengandung makna bahwa pemberian umpan balik berpengaruh positif terhadap motivasi belajar biologi peserta didik. Nilai t hitung untuk hasil belajar peserta didik yaitu 3,05 sedangkan nilai t tabel yaitu 1,99 artinya pemberian umpan balik berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan demikian disimpulkan pemberian umpan balik berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK (FEEDBACK)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:42
Last Modified: 06 Dec 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48766

Actions (login required)

View Item View Item