Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) tentang Materi Psikotropika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang

Nasution, Khayanti (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) tentang Materi Psikotropika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_KHAYANTI_NASUTION_19031022_5406_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan hasil belajar peserta didik di Kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang yang tidak mencapai KKM karena model pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi. Selain itu materi yang dianggap rumit adalah materi psikotropika karena terdiri dari banyak hafalan dan istilah yang kurang dipahami. Upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) tentang materi psikotropika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar peserta didik SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Research). Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XI MIPA 3) sebanyak 30 orang dan kelas kontrol (XI MIPA 2) sebanyak 30 orang. Pembelajaran di kelas eksperimen dilakukan dengan model pembelajaran TGT dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan yaitu soal posttest dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Analisis data menggunakan uji hipotesis independent sample t-test karena data yang disajikan terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kompetensi pengetahuan peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 76 dan kelas kontrol sebesar 66. Hasil uji hipotesis penelitian dilihat dari menunjukkan bahwa T hitung > T tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran TGT tentang materi psikotropika terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:41
Last Modified: 06 Dec 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48764

Actions (login required)

View Item View Item