Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembe lajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas V SDN 05 Bandar Buat Kota Padang

Murni, Nurmalia Cahaya (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembe lajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas V SDN 05 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NURMALIA_CAHAYA_MURNI_19129147_7113_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru serta peserta didik yang kurang aktif dan hanya mendengarkan apa yang di sampaikan guru, sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 05 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes, Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif berupa hasil belajar peserta didik dan data kuantitatif berupa pengamatan dan hasil tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi dan peserta didik kelas V SDN 05 Bandar Buat yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 87,49% dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 97,22% dengan kualifikasi SB. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Persentase untuk pengamatan aktivitas guru ada siklus I memperoleh rata-rata 80,35% dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kualifikasi SB. Pada hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh ata-rata 80,35% dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kualifikasi SB. Hasil belajar peserta didik pada penelitian ini untuk siklus I memperoleh ratarata 75,75 dengan kualifikasi B meningkat di siklus II menjadi 88,2 dengan kualifikasi B. Dengan demikian, berdasarkan data peneletian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 05 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, SUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:19
Last Modified: 06 Dec 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48753

Actions (login required)

View Item View Item