Murni, Nurmalia Cahaya
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
dalam Pembe lajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based
Learning (PBL) Pada Kelas V SDN 05 Bandar Buat Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih
rendah, proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru serta peserta didik
yang kurang aktif dan hanya mendengarkan apa yang di sampaikan guru, sehingga
hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu peserta didik
menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 05 Bandar
Buat Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data berupa observasi dan tes, Data penelitian ini berupa data
kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif berupa hasil belajar peserta didik dan data
kuantitatif berupa pengamatan dan hasil tes. Subjek dalam penelitian ini adalah
guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi dan peserta didik kelas V SDN 05
Bandar Buat yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 12
perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 87,49% dengan
kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 97,22% dengan kualifikasi SB.
Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Persentase untuk pengamatan
aktivitas guru ada siklus I memperoleh rata-rata 80,35% dengan kualifikasi B
meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kualifikasi SB. Pada hasil
pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh ata-rata 80,35%
dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kualifikasi
SB. Hasil belajar peserta didik pada penelitian ini untuk siklus I memperoleh ratarata
75,75 dengan kualifikasi B meningkat di siklus II menjadi 88,2 dengan
kualifikasi B. Dengan demikian, berdasarkan data peneletian yang diperoleh dapat
disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 05
Bandar Buat Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |