Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Circuit Learning di Kelas III SDN 02 Aur Kuning Kota Bukittingi

Khairani, Nikmah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Circuit Learning di Kelas III SDN 02 Aur Kuning Kota Bukittingi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NIKMAH_KHAIRANI_19129046_5881_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik masih rendah karena proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik (teacher center). Di sisi lain, kurangnya kegiatan berdiskusi dalam belajar sehingga peserta didik susah dalam mengembangkan dan menggali pengetahuan karena terpatok terhadap buku. Penelitian ini bertujuan dalam mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Tipe Circuit Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdapat dua kali pertemuan, dan siklus II terdapat satu kali pertemuan. PTK memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian pendidik dan peserta didik SDN 02 Aur Kuning Kota Bukittingi. Data penelitian ini diperoleh dari penilaian rencana pelasakanan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata RPP siklus I yaitu 90% (B), meningkat pada siklus II yaitu 95% (SB). Hasil pelaksanaan siklus I aspek pendidik rata-rata yaitu 87,5%, meningkat pada siklus II adalah 93,75% (SB). Pada aspek peserta didik siklus I nilai rata-rata 85,41% (B), siklus II meningkat menjadi 93,75% (SB). Pada hasil belajar peserta didik nilai rata-rata diperoleh 82,15, pada siklus II meningkat menjadi 88,46. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil pengamatan dan hasil belajar bahwa dengan menggunakan Model Cooperative Tipe Circuit Learning peserta didik dapat meningkatakan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 02 Aur Kuning Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:56
Last Modified: 05 Dec 2023 04:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48726

Actions (login required)

View Item View Item