Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Luther, Nober (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NOBER_LUTHER_19129049_7111_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media berbasis teknologi masih jarang digunakan, media yang digunakan oleh guru menggunakan media konvensional dan juga media abstrak. Guru berfokus pada buku paket, LKS, dan media gambar. Sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap (analysis, design, development, implementation, dan evoluation). Multimedia yang telah dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli materi, media dan bahasa. Praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan peserta didik. Uji efektifitas dilakukan dengan memberikan soal pre test dan post test kepada peserta didik. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar yang memiliki tingkat validitas sangat valid, validitas media 85% (sangat valid), validitas materi 91,25% (sangat valid), dan validitas bahasa 92,5% (sangat valid). Hasil uji praktikalitas di sekolah uji coba SDN 01 Ulak Karang Selatan. Angket respon guru memperoleh hasil 92% (sangat praktis) dan peserta didik memperoleh hasil 92% (sangat praktis). Sedangkan pada sekolah tempat penelitian di SDN 29 Ulak Karang Utara, angket respon guru memperoleh hasil 96% (sangat praktis) dan peserta didik memperoleh hasil 95% (sangat praktis). Di SDN 25 Air Tawar Selatan, angket respon guru memperoleh hasil 96% (sangat praktis) dan peserta didik memperoleh hasil 94% (sangat praktis). Hasil efektifitas disekolah uji coba SDN 01 Ulak Karang Selatan dan sekolah tempat penelitian di SDN 29 Ulak Karang Utara dan SDN 25 Air Tawar Selatan hasil pre test dan post test ada peningkatan hasil. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan “Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas IV Sekolah Dasar” sangat valid, praktis dan efektif digunakan didalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:56
Last Modified: 05 Dec 2023 04:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48725

Actions (login required)

View Item View Item