Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Canva di Kelas III SDN 26 ATT Padang

Saputri, Kurnia Wahyu (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Canva di Kelas III SDN 26 ATT Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_KURNIA_WAHYU_SAPUTRI_19129031_5836_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. hal ini disebabkan karena perserta didik masih bersifat pasif saat belajar, peserta didik belum mengembangkan pemikiran kritis dan rendah rasa ingin tahunya, peserta didik belum mampu meningkatkan keterampilan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 26 ATT Padang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua jenis pendekatan,yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III yang berjumlah 27 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, pada setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamtan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan : a) RPP menunjukan rata-rata pada 82 (B) dan siklus II menjadi 94% (A), b) pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 83% (B) dan siklus II menjadi 93% (A) sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 83% (B), dan siklus menjadi II 93% (A), c) penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 77% (C) dan pada siklus II menjadi 93% (A). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:41
Last Modified: 01 Dec 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48670

Actions (login required)

View Item View Item