Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD

Aprilia, Modesti Nur (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Modesti_Nur_Aprilia_19129041_6137_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang tersedianya bahan ajar tematik terpadu yang inovatif. Guru dan peserta didik hanya menggunakan satu jenis bahan ajar saja sehingga peserta didik kurang aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar tematik terpadu ini dibuat semenarik mungkin dengan adanya gambar, kegiatan proyek, serta desain yang menarik dengan tujuan agar peserta didik termotivasi dan menarik minat peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis model project based learning di kelas V SD Tema 8 Subtema 1 yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari 4 langkah dalam pengembangannya, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon, tes evaluasi, dan lembar pengamatan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 19 orang peserta didik di kelas V SD Negeri 108/III Koto Mudik. Subjek penyebaran bahan ajar ini dilakukan di SD Negeri 116/III Koto Dua Lama dan SD Negeri 34/III Pendung Hilir. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahan ajar tematik terpadu yang dikembangkan memiliki validitas dengan rata-rata nilai 87,63% dengan kategori sangat valid, tingkat praktikalitas peserta didik dengan rata-rata nilai 96,6% dengan kategori sangat praktis, dan praktiklitas guru dengan nilai 93,6% dengan kategori sangat praktis, hasil efektivitas bahan ajar menunjukkan hasil yang sangat efektif dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 89,47% meningkat dan ketuntasan 94,73% serta kemampuan berpikir kreatif meningkat dengan persentase 86,51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis model project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkmal, Atika UlyaUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:41
Last Modified: 01 Dec 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48666

Actions (login required)

View Item View Item