Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Menggunakan Media Batang Cuisenaire pada Anak Slow Learner

Ditria, Intan Suri (2023) Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Menggunakan Media Batang Cuisenaire pada Anak Slow Learner. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_INTAN_SURI_DITRIA_19003069_5476_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang siswa slow learner yang belum mampu melakukan operasi pengurangan bilangan 1 sampai 20 padahal siswa sudah berada di kelas V SD. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, siswa perlu diberikan media untuk meningkatkan kemampuan operasi pengurangan bilangan 1 sampai 20 sekaligus untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Media batang Cuisenaire adalah alat atau media yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam belajar matematika mengenai konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat untuk operasi hitung dasar, yang mana bentuk batang Cuisenaire ini berupa balok-balok dengan ukuran tertentu dan warna-warna tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan media batang Cuisenaire efektiv untuk meningkatkan kemampuan operasi pengurangan bagi anak slow learner kelas V di SD Negeri 14 Pauh. Jenis penelitian ini dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. pada kondisi baseline (A1) dilaksanakan pengamatan sebanyak 4 kali pertemuan, kondisi intervensi (B) sebanyak 8 kali pertemuan, dan kondisi baseline (A2) sebanyak 4 kali pertemuan. Pengamatan data dilakukan dilakukan dengan teknik tes perbuatan dengan menggunakan alat pengumpulandata berupa instrument tes perbuatan dalam bentuk daftar checklist. Kemudian data analisis dengan teknik visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) diperoleh hasil 5%, 5%, 5%, 5%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 15%, 20%, 30%, 35%, 50%, 50%, 65%, 85%. Sedangkan pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 85%, 85%, 85%, 85%. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian menunjukkan kemampuan operasi pengurangan bilangan 1 sampai 20 pada siswa slow learner meningkat setelah menggunakan batang cuisenaire.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorMurni, IrdaUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:07
Last Modified: 30 Nov 2023 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48629

Actions (login required)

View Item View Item