Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Wordwall bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas I/C di SLB Perwari Padang

Ummah, Khairani (2023) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Wordwall bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas I/C di SLB Perwari Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_KHAIRANI_UMMAH_19003070_6767_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan anak tunagrahita ringan yang ditemukan pada kelas I di sekolah luar biasa yaitu permasalahan pada kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 bagi anak tunagrahita ringan kelas I/C di SLB Perwari Padang dapat meningkat dengan menggunakan media wordwall Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak tunagrahita ringan kelas I/C di SLB Perwari Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – Juli 2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes perbuatan sebanyak 35 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara visual dengan memaparkan grafik data. Hasil analisis data sebanyak 12 kali pengamatan data yang diperoleh yaitu pada kondisi baseline (A) 22,8%, 25,7%, 25,7%, dan 25,7%. Pengamatan pada kondisi intervensi (B) 37,1%, 42,8%, 48,5%, 68,5%, 82,8%, 88,5%, 88,5%, dan 88,5%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 anak tunagrahita ringan kelas I/C meningkat menggunakan media wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:05
Last Modified: 30 Nov 2023 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48626

Actions (login required)

View Item View Item