Ummah, Khairani
(2023)
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang
Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Wordwall bagi Anak Tunagrahita Ringan
Kelas I/C di SLB Perwari Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan anak tunagrahita ringan
yang ditemukan pada kelas I di sekolah luar biasa yaitu permasalahan pada
kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5. Penelitian ini bertujuan
untuk membuktikan apakah kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5
bagi anak tunagrahita ringan kelas I/C di SLB Perwari Padang dapat meningkat
dengan menggunakan media wordwall
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single
subject research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah
satu orang anak tunagrahita ringan kelas I/C di SLB Perwari Padang. Penelitian
ini dilakukan pada bulan Juni – Juli 2023. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini berupa tes perbuatan sebanyak 35 soal. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis data secara visual dengan memaparkan grafik data.
Hasil analisis data sebanyak 12 kali pengamatan data yang diperoleh yaitu
pada kondisi baseline (A) 22,8%, 25,7%, 25,7%, dan 25,7%. Pengamatan pada
kondisi intervensi (B) 37,1%, 42,8%, 48,5%, 68,5%, 82,8%, 88,5%, 88,5%, dan
88,5%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan 1
sampai 5 anak tunagrahita ringan kelas I/C meningkat menggunakan media
wordwall.
Actions (login required)
|
View Item |