Peningkatan Hasil Belajar Tematik Siswa Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN No 37 Pasar Bukit Kabupaten Pesisir Selatan

Ramazoni, Ilhamda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Siswa Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN No 37 Pasar Bukit Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ILHAMDA_RAMAZONI_18129182_5432_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran dikarenakan kegiatan pasca pandemi dan tidak tersalurkannya semangat belajar peserta didik yang disebabkan oleh RPP yang disusun guru hanya menggunakan pendekatan saintifik yang ada di buku guru, sumber belajar dan bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku siswa. Pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru, guru belum belum memberikan pengalaman lansung pada peserta didik sehingga peserta didik belum aktif saat proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan. Peningkatan hasil belajar tematik terpadu siswa menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN No 37 Pasar Bukit Kabupaten Pesisir Selatan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN No 37 Pasar Bukit Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah 15 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan ratarata 82,9% (baik), dan siklus II 90% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 84,4 (baik), dan siklus II 96,8% (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 82,8% (baik), dan siklus II 96,8% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik pada aspek pengetahuan siklus I memperoleh nilai 71,45 dan siklus II memperoleh nilai 47,48. Sedangkan penilaian peserta didik pada aspek keterampilan siklus I memperoleh nilai 70,86 dan siklus II memperoleh nilai 89,4. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:03
Last Modified: 30 Nov 2023 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48621

Actions (login required)

View Item View Item