Pengembangan Minat Siswa Tunanetra Berprestasi dalam Membaca Puisi Tingkat Provinsi di Kelas XI SLB Negeri Kota Sungai Penuh

Septian, Firza (2023) Pengembangan Minat Siswa Tunanetra Berprestasi dalam Membaca Puisi Tingkat Provinsi di Kelas XI SLB Negeri Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Firza_Septian_19003060_5536_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketika peneliti menjumpai siswa tunanetra low vision yang berprestasi dalam membaca puisi. Siswa tunanetra N ini merupakan salah satu siswa di kelas XI SLB Negeri Kota Sungai Penuh. Keterbatasan yang ada padanya tidak serta-merta menghambat ia dalam berprestasi, hal itu terbukti ketika ia berhasil meraih juara dua lomba membaca puisi tingkat provinsi pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan prestasi membaca puisi yang pernah diraih siswa tunanetra N, pelaksanaan latihan membaca puisi siswa tunanetra N, dukungan orang tua terhadap latihan membaca puisi siswa tunanetra N, kendala-kendala yang dihadapi siswa tunanetra N dalam membaca puisi, serta cara siswa tunanetra N dalam menanggulangi kendala-kendala dalam membaca puisi. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa tunanetra N. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya dukungan orang tua, pelaksanaan yang tepat, mengetahui kendala-kendala dalam membaca puisi, serta mengetahui cara menanggulangi kendala-kendala dalam membaca puisi untuk meningkatkan prestasi membaca puisi siswa tunanetra N.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudi, SetiaUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:45
Last Modified: 29 Nov 2023 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48602

Actions (login required)

View Item View Item