Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi

Afrizal, Fatma Amanatullah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Fatma_Amanatullah_Afrizal_19129118_6842_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan model Problem Based Learning di kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 16 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata siklus I pertemuan 1 dan siklus I pertemuan 2 yaitu 82,9% (Cukup) dan siklus II menjadi 95,5 % (Sangat Baik), b) Pelaksanaan aspek guru menunjukkan rata-rata siklus I pertemuan 1 dan siklus I pertemuan 2 yaitu 82,3% (Cukup) dan siklus II 96% (Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik menunjukkan rata-rata siklus I pertemuan 1 dan siklus I pertemuan 2 yaitu 82,3% (Cukup), dan siklus II menjadi 93% (Sangat Baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan 1 dan siklus I pertemuan 2 yaitu diperoleh rata-rata 75,3 (Cukup) dan siklus II rata-rata 87.6 (Baik) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:44
Last Modified: 29 Nov 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48599

Actions (login required)

View Item View Item