Afrizal, Fatma Amanatullah
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based
Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota
Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak
pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 18 Campago
Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu
menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri 18
Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi.
Penelitian ini dilaksanakan dengan model Problem Based Learning di
kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Subjek penelitian
ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 16 orang. Pendekatan
yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus
I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus
meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Data penelitian berupa hasil
pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu dan hasil
belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL).
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai
dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata siklus I
pertemuan 1 dan siklus I pertemuan 2 yaitu 82,9% (Cukup) dan siklus II menjadi
95,5 % (Sangat Baik), b) Pelaksanaan aspek guru menunjukkan rata-rata siklus I
pertemuan 1 dan siklus I pertemuan 2 yaitu 82,3% (Cukup) dan siklus II 96%
(Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik menunjukkan rata-rata
siklus I pertemuan 1 dan siklus I pertemuan 2 yaitu 82,3% (Cukup), dan siklus II
menjadi 93% (Sangat Baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada
siklus I pertemuan 1 dan siklus I pertemuan 2 yaitu diperoleh rata-rata 75,3
(Cukup) dan siklus II rata-rata 87.6 (Baik) . Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |