Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Flip PDF Corporate pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD

Suni, Fikrah Hafiz (2023) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Flip PDF Corporate pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FIKRAH_HAFIZ_SUNI_19129017_6153_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu unsur penting yang dapat mendukung berlangsungnya proses pembelajaran. Guru harus bisa mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan zaman. Pada saat ini kita berada pada era revolusi industri 4.0 dimana perangkat digital sudah menjadi kebutuhan seharihari manusia. Namun, berdasarkan fakta yang ditemukan di beberapa Sekolah Dasar bahan ajar yang digunakan masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis Flip PDF Corporate pada materi penyajian data di kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research & development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis (menganalisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Setelah menganalisis kebutuhan di lapangan, peneliti merancang bahan ajar yang kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Setelah bahan ajar valid, bahan ajar diimplementasikan dalam pembelajaran dan diuji praktikalitasnya dengan lembar praktikalitas yang diisi oleh peserta didik kelas V dan guru wali kelas V. Uji coba produk dilakukan di SD Negeri 16 Padang Kudo, kemudian dilanjutkan dengan penelitian di SD Negeri 14 Simpang Ampek. Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar digital berbasis Flip PDF Corporate pada materi penyajian data di kelas V adalah valid dengan rata-rata penilaian validator 90,56%. Kemudian, pada sekolah uji coba diperoleh kategori sangat praktis dengan skor kepraktisan sebesar 90% dari angket respon guru dan 95,24% dari angket respon peserta didik. Selanjutnya, pada sekolah penelitian juga dikategorikan sangat praktis dengan skor 90% dari angket respon guru dan 90,95% dari angket respon peserta didik. Dengan demikian, bahan ajar digital sudah dinyatakan valid dan praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:44
Last Modified: 29 Nov 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48598

Actions (login required)

View Item View Item