Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan RADEC di Kelas V SDN 14 Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar

Meilona, Fitri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan RADEC di Kelas V SDN 14 Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Fitri_Meilona _19129120_7128_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Peneitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pemanfaatan model dan pembelajaran inovatif dalam proses belajar mengajar yang menghalangi terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik. Hal ini menyebabkan rendahnya minat peserta didik dalam pembelajaran yang dibuktikan dengan sikap peserta didik yang cenderung pasif dalam belajar.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan RADEC di Kelas V SDN 14 Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V sejumlah 21 orang yang terdiri dari 8 orang peserta didik perempuan dan 13 orang peserta didik laki-laki. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus mempunyai tahapan, siklus satu 2x pertemuan dan siklus dua 1x pertemuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan RADEC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 81,5% dengan kualifikasi Cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 94,4% kualifikasi Sangat Baik (A). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 80,3% dengan kualifikasi Cukup (C), meningkat pada siklus II 92,8% dengan kualifikasi Sangat Baik (A). Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh nilai 82,1% dengan kualifikasi Cukup (C), meningkat pada siklus II 92,8% dengan kualifikasi Sangat Baik (A). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai 73,57 dengan kualifikasi Perlu Bimbingan (D), meningkat pada siklus II 86,43 dengan kualifikasi Baik (B). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan RADEC dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 14 Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:44
Last Modified: 29 Nov 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48596

Actions (login required)

View Item View Item