Meilona, Fitri
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan
RADEC di Kelas V SDN 14 Tanjung Barulak
Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah
Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Peneitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya
pemanfaatan model dan pembelajaran inovatif dalam proses belajar mengajar
yang menghalangi terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik.
Hal ini menyebabkan rendahnya minat peserta didik dalam pembelajaran yang
dibuktikan dengan sikap peserta didik yang cenderung pasif dalam belajar..
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan RADEC
di Kelas V SDN 14 Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah
datar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V sejumlah 21 orang yang terdiri
dari 8 orang peserta didik perempuan dan 13 orang peserta didik laki-laki.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus mempunyai tahapan, siklus
satu 2x pertemuan dan siklus dua 1x pertemuan. Data penelitian berupa hasil
pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu dan hasil
belajar peserta didik menggunakan RADEC.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh
nilai rata-rata 81,5% dengan kualifikasi Cukup (C), meningkat pada siklus II
menjadi 94,4% kualifikasi Sangat Baik (A). Nilai rata-rata aspek guru siklus I
diperoleh 80,3% dengan kualifikasi Cukup (C), meningkat pada siklus II 92,8%
dengan kualifikasi Sangat Baik (A). Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik
siklus I diperoleh nilai 82,1% dengan kualifikasi Cukup (C), meningkat pada
siklus II 92,8% dengan kualifikasi Sangat Baik (A). Hasil belajar peserta didik
siklus I memperoleh nilai 73,57 dengan kualifikasi Perlu Bimbingan (D),
meningkat pada siklus II 86,43 dengan kualifikasi Baik (B). Jadi dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan RADEC dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 14
Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.
Actions (login required)
|
View Item |