Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran di Kelas III SDN 28 Rawang Kabupaten Solok Selatan

Sari, Anggun Novita (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran di Kelas III SDN 28 Rawang Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Anggun_Novita_Sari_19129089_7263_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar peserta didik yang rendah dan belum mencapai ketuntasan minimum yang ditentukan dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III sekolah dasar. Hal itu disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan belum menggunakan model serta media pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan video pembelajaran di kelas III SDN 28 Rawang Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II yang terdiri dari 1 pertemuan. Prosedur penelitian disetiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III SDN 28 Rawang Kabupaten Solok Selatan. Sumber data dalam penelitian ini adalah proses kegiatan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 87,49% (B), meningkat pada siklus II dengan persentase 97,72% (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh ratarata persentase 79,68% (C), meningkat pada siklus II dengan persentase 96,87% (SB), c) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 79,68% (C), meningkat pada siklus II dengan persentase 96,87% (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,21 (C), meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85,77 (B). Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN 28 Rawang, Kabupaten Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Biro Perencanaan, Administrasi Kerja Sama, dan Hubungan Masyarakat > Bagian Administrasi Kerjasama dan Humas
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:36
Last Modified: 28 Nov 2023 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48533

Actions (login required)

View Item View Item