Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 06 Kota Mukomuko

Sundaeni, Anis (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 06 Kota Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Anis_Sundaeni_19129004_6602_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan pada lapangan dimana menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 06 Kota Mukomuko. Hal ini dikarenakan guru belum mengembangkan model pembelajaran, guru kurang memberikan kesempatan kepada peseta didik untuk menemukan sendiri penyelesaian masalah pada materi sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas V SDN 06 Kota Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru dan 15 orang peserta didk kelas V SDN 06 Kota Mukomuko. Hasil penelitian pada RPP di siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 85% dengan kualifikasi baik (SB), kemudian meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 89,06% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 96,87% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 87,5% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian aspek sikap siklus I baik (B) dan siklus II sangat baik (SB) karena peserta didik menunjukkan sikap positif terkait KI-1 dan KI-2. Penilaian Aspek pengetahuan siklus I dengan rata-rata 80,92 (B). Meningkat pada siklus II dengan rata-rata 90,22 (SB). Penilaian aspek keterampilan siklus I dengan rata-rata 80,09 (B), meningkat pada siklus II dengan rata-rata 92,22 (SB). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 06 Kota Mukomuko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:36
Last Modified: 28 Nov 2023 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48532

Actions (login required)

View Item View Item