Sundaeni, Anis
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di
Kelas V SDN 06 Kota Mukomuko.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan pada lapangan dimana
menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik
terpadu di Kelas V SDN 06 Kota Mukomuko. Hal ini dikarenakan guru belum
mengembangkan model pembelajaran, guru kurang memberikan kesempatan
kepada peseta didik untuk menemukan sendiri penyelesaian masalah pada materi
sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta
didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery
Learning di kelas V SDN 06 Kota Mukomuko.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini di lakukan dalam
dua siklus. Setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dokumen analisis, observasi, tes dan non
tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek
penelitian adalah guru dan 15 orang peserta didk kelas V SDN 06 Kota Mukomuko.
Hasil penelitian pada RPP di siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata
85% dengan kualifikasi baik (SB), kemudian meningkat pada siklus II yaitu dengan
nilai rata-rata 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian aspek guru siklus
I memperoleh nilai rata-rata 89,06% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada
siklus II dengan nilai rata-rata 96,87% dengan kualifikasi sangat baik (SB).
Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 87,5%
dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 93,75%
dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian aspek sikap siklus I baik (B) dan
siklus II sangat baik (SB) karena peserta didik menunjukkan sikap positif terkait
KI-1 dan KI-2. Penilaian Aspek pengetahuan siklus I dengan rata-rata 80,92 (B).
Meningkat pada siklus II dengan rata-rata 90,22 (SB). Penilaian aspek
keterampilan siklus I dengan rata-rata 80,09 (B), meningkat pada siklus II dengan
rata-rata 92,22 (SB). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery
Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu di kelas V SDN 06 Kota Mukomuko.
Actions (login required)
|
View Item |