Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di Kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi

Batubara, Annisa Afriani (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di Kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Annisa_Afriani_Batubara_19129005_6526_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Example Non Example. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari dua pertemuan, dan siklus II terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas V SDN 10 Sapiran kota Bukittinggi dengan jumlah 24 peserta didik, 15 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan 1 adalah 80,5%(B) dan pada siklus I pertemuan 2 adalah 88,9%(B) sehingga diperoleh rata-rata 84,7% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (AB). Ini juga terlihat pada hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I pertemuan 1 adalah 71,9%(C), dan pada siklus I pertemuan 2 adalah 87,5%(B) sehingga diperoleh rata-rata 79,7% (C), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (AB). Pada aspek peserta didik Siklus I pertemuan 1 adalah 71,9%(C), dan pada siklus I pertemuan 2 adalah 87,5%(B) sehingga diperoleh rata-rata 79,7% (C), meningkat pada siklus II menjadi 96,9% (AB). Pada hasil belajar peserta didik pada aspek sikap Siklus I pertemuan 1 terdapat 7 orang peserta didik yang menonjol dengan 2 orang peserta didik berperilaku positif dan 5 orang berperilaku negatif dan Siklus I pertemuan 2 terdapat 6 orang peserta didik yang menonjol dengan 2 orang peserta didik berperilaku positif dan 4 orang berperilaku negatif sedangkan pada siklus II terdapat 4 orang peserta didik yang menonjol dengan 1 orang peserta didik berperilaku positif dan 3 orang berperilaku negatif. Pada aspek pengetahuan pada siklus I pertemuan satu diperoleh nilai 68,72(K) dan pada siklus I pertemuan 2 diperoleh nilai 77,11(C) sehingga memiliki rata-rata 72,95(C), meningkat disiklus II menjadi 83,29(B). Pada aspek keterampilan siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai 67,98%(K) dan pada siklus I pertemuan 2 diperoleh nilai 82,32%(B) sehingga memiliki rata-rata 75,15%(C), meningkat disiklus II menjadi 90,1% (AB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorFarida, SUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:40
Last Modified: 27 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48517

Actions (login required)

View Item View Item