Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN 07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan

Fitria, Atika (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN 07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ATIKA_FITRIA_14129214_6391_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan rendahnya hasil belajar pesrta didik dalam pembelajaran tematik terpadu yang disebabkan oleh guru belum mengembangkan model pembelajaran dan pemahaman peserta didik yang belum maksimal terhadap materi pembelajaran yang diberikan sehingga peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN 07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I (dua pertemuan)dan siklus II (satu pertemuan) dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas II SDN 07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah 22 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 77,27 kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 93,18% kualifikasi sangat baik (A), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 80% kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% kualifikasi sangat baik (A), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata rata-rata 72,5% kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 94% kualifikasi sangat baik (A), dan d) Hasil belajar tematik terpadu peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 59,99 kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 88,33 Dengan kualifikasi sangat baik (A). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SDN 07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:40
Last Modified: 27 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48516

Actions (login required)

View Item View Item