Fitria, Atika
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN
07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan
rendahnya hasil belajar pesrta didik dalam pembelajaran tematik terpadu yang
disebabkan oleh guru belum mengembangkan model pembelajaran dan
pemahaman peserta didik yang belum maksimal terhadap materi pembelajaran
yang diberikan sehingga peserta didik kurang aktif dalam mengikuti
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik
di Kelas II SDN 07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus,
yaitu siklus I (dua pertemuan)dan siklus II (satu pertemuan) dilakukan dalam
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas II SDN 07 Pasar Salido
Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah 22 orang peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP pada siklus
I memperoleh rata-rata 77,27 kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II
memperoleh persentase 93,18% kualifikasi sangat baik (A), b) aktivitas guru pada
siklus I memperoleh rata-rata 80% kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II
memperoleh persentase 95% kualifikasi sangat baik (A), c) aktivitas peserta didik
siklus I memperoleh rata-rata rata-rata 72,5% kualifikasi cukup (C), meningkat
pada siklus II memperoleh persentase 94% kualifikasi sangat baik (A), dan d)
Hasil belajar tematik terpadu peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata
59,99 kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata
88,33 Dengan kualifikasi sangat baik (A). Dari hasil penelitian yang dilakukan
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan
pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SDN
07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |