Pengembangan E-LKPD Periode Revolusi Fisik di Kota Padang dalam Menunjang Implemetasi Kurikulum Merdeka untuk Siswa di SMA N 7 Padang

Sagita, Rahma (2023) Pengembangan E-LKPD Periode Revolusi Fisik di Kota Padang dalam Menunjang Implemetasi Kurikulum Merdeka untuk Siswa di SMA N 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Rahma_Sagita_19046186_5491_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya media pembelajaran yang membahas mengenai konten lokal yang menunjang implemetasi kurikulum merdeka serta minimnya pengetahuan siswa terhadap masa revolusi fisik di Kota Padang dan belum tersedianya E-LKPD yang berkaitan dengan masa revolusi fisik di Kota Padang. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui cara mengembangkan E-LKPD periode revolusi fisik di Kota Padang. (2) Mengetahui kelayakan dan kepraktisan E-LKPD periode revolusi fisik di Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model ADDIE terdiri dari 5 tahap namun peneliti hanya melakukan penelitian sampai 4 tahap. Kelayakan E-LKPD (Validasi produk) dilakukan pada ahli E-LKPD dan ahli materi. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan pada Guru mata pelajaran Sejarah dan Siswa Kelas XI F4 SMAN 7 Padang. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yang di peroleh dari pengukuran skala, yaitu Skala Likert Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) tahapan analyze yang dimulai dari melakukan analisis kebutuhan berupa analisis peserta didik, kebutuhan guru (2) tahapan design yang dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber referensi; mengumpulkan gambar dan video; Membuat struktur E-LKPD; membuat CP, TP dan ATP dan modul ajar, (3) tahapan develop yang dilakukan dengan melakukan uji kelayakan media pembelajaran E-LKPD dan materi pembelajaran kepada validator yang memperoleh hasil 3,56 dan ahli materi yang dinyatakan valid serta 3,51 dari ahli media pembelajaran yang dinyatakan valid, (4) tahap implementasi dilakukan dengan uji coba media kepada guru dan siswa, kemudian dilakukan pengisian angket yang memperoleh hasil 3,25 dari guru dengan kategori praktis dan 3,55 dari siswa dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorKarima, Elfa MichelliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:34
Last Modified: 22 Nov 2023 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48466

Actions (login required)

View Item View Item