Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Desimal Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powtoon di Kelas V B SDN 02 Aur Kuning Kota Bukittinggi

Ramadhan, Rahmatul (2023) Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Desimal Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powtoon di Kelas V B SDN 02 Aur Kuning Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_RAHMATUL_RAMADHAN_19129054_5608_2023.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pecahan desimal yang dilakukan guru kurang maksimal, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V B SDN 02 Aur Kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pecahan desimal menggunakan model discovery learning berbantuan media powtoon di kelas V B SDN 02 Aur Kuning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri atas 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus memiliki empat tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V B SDN 02 Aur Kuning dengan jumlah 27 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada tiga aspek penelitian, yaitu: a) RPP siklus I dengan rata-rata 97,92 (sangat baik) meningkat pada siklus II menjadi 99,31 (sangat baik); b) Pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 92,63 (sangat baik) meningkat pada siklus II menjadi 97,79 (sangat baik), sedangkan pelaksanaan aktivitas peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 91,92 (baik) meningkat pada siklus II menjadi 97,06 (sangat baik); serta c) Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 91,19 (baik) meningkat pada siklus II menjadi 93,03 (sangat baik). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan media powtoon dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pecahan desimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pecahan Desimal, Discovery Learning, Powtoon, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:48
Last Modified: 21 Nov 2023 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48415

Actions (login required)

View Item View Item