Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Di Kelas III A SD Negeri 02 Percontohan Kota Bukittinggi

Sari, Meilani Permata (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Di Kelas III A SD Negeri 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_MEILANI_PERMATA_SARI_18129278_4589_2023.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas III A SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan model Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III A SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi dengan jumlah peserta didik 27 orang yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 14 laki-laki. Data penelitian berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Penilaian RPP siklus I dengan presentase rata-rata 95,83% kualifikasi sangat baik dan pada siklus II juga memperoleh nilai yang sama yaitu 97,22% dengan kualifikasi sangat baik. B) Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I dengan taraf keberhasilan rata-rata 92,18% kualifikasi sangat baik dan meningkat pada siklus II dengan taraf keberhasilan 100% dengan kualifikasi sangat baik. c) Hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I dengan taraf keberhasilan rata-rata 92,18% kualifikasi sangat baik dan meningkat pada siklus II dengan taraf keberhasilan 100% kualifikasi sangat baik. d) Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I dengan rata-rata 70,76% dengan kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 82,80% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model Mind Mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:47
Last Modified: 21 Nov 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48410

Actions (login required)

View Item View Item