Pengembangan Media Pembelajaran Website Berbasis WordPress Pada Materi Volume Bangun Ruang dan Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Di Kelas V Sekolah Dasar

Husni, Mahfuzatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Website Berbasis WordPress Pada Materi Volume Bangun Ruang dan Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_MAHFUZATUL_HUSNI_17129228_ 6420_2023.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi seperti website yang memiliki banyak keuntungan yaitu memperbaiki sistem pengajaran, mempersingkat waktu, menumbuhan dan meningkatkan aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran website berbasis WordPress pada materi volume bangun ruang dan hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga di kelas V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan dalam pengembangannya yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian media yang dikembangkan menunjukkan bahwa: 1) Media yang dikembangkan mendapatkan kategori sangat valid pada validasi media dengan nilai rata-rata 86,65%, dan validasi materi dengan kategori valid dengan nilai rata-rata 85,95% 2) Respon guru dan peserta didik terhadap media yang dikembangkan sangat praktis dengan nilai rata-rata 87,49% dan 86,70%. 3) Uji efektivitas media yang dikembangkan memperoleh kategori baik sekali pada materi volume bangun ruang dan memperoleh kategori baik pada materi hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga. Sementara itu media yang dikembangkan sangat efektif dengan nilai n-gain berada pada kategori high-g dimana besar g 0,7. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran website berbasis WordPress pada materi volume bangun ruang dan hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga di kelas V sekolah dasar telah dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, website, WordPress
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:47
Last Modified: 21 Nov 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48408

Actions (login required)

View Item View Item