Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi.

Hidayati, Fadhilla (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_FADHILLA_HIDAYATI_19129214_4500_2023.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 09 Manggis Ganting, masih berpusat kepada guru (teacher center) menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, kemampuan berfikir peserta didik masih kurang karena hanya mendengarkan guru menjelaskan, serta kurangnya keberaniaan peserta didik dalam menyampaikan pendapat, tidak adanya keinginan untuk berbagi ilmu cenderung belajar sendiri dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share di kelas V SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan peserta didik yang berjumlah 24 orang peserta didik. Yang terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif, Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan ratarata 86,10% dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I rata-rata 80% dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 80% dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) Hasil penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 78,25 dengan kualifikasi cukup (C) dan siklus II 90,47% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Tematik Terpadu, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:21
Last Modified: 20 Nov 2023 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48379

Actions (login required)

View Item View Item