Analisis Relevansi Buku Teks Geografi Kelas X dengan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Padang

Hakim, Muhammad Lukman (2023) Analisis Relevansi Buku Teks Geografi Kelas X dengan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Muhammad_Lukman_Hakim_18045054_5327_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesesuaian buku teks Geografi kelas X yang digunakan di SMA Negeri 3 Padang yakni Buku IPS Geografi terbitan Erlangga dan Buku IPS Terpadu terbitan Kemendikbud dengan elemen dan capaian pembelajaran yang terdapat pada Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru geografi di SMA Negeri 3 Padang serta buku teks geografi itu sendiri. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi dan studi dokumen. Adapun hasil yang didapat dari penelitian adalah buku IPS Geografi terbitan erlangga mendapatkan skor 99 % (Sangat sesuai) dengan elemen dan skor 100 % (Sangat sesuai) dengan capaian pembelajaran. Sedangkan buku IPS Terpadu terbitan kemendikbud mendapatkan skor 95 % (Sangat sesuai) pada elemen dan skor 87 % (Sangat sesuai) dengan capaian pembelajaran sehingga kedua buku yang digunakan di SMA Negeri 3 Padang sangat sesuai dengan elemen maupun capaian pembelajaran geografi pada kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovio, ReryUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:20
Last Modified: 20 Nov 2023 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48376

Actions (login required)

View Item View Item