Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 13 IV Koto Aur Malintang Padang Pariaman

Rachman, Bayu (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 13 IV Koto Aur Malintang Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_BAYU_RACHMAN_19129096_5100_2023.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah, Pembelajaran yang dilaksanakan selama ini kurang mengorientasikan suatu masalah sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik kurang terbentuk, Kurangnya keaktifan peserta didik dalam belajar sehingga pembelajaran menjadi tidak menarik, dan Guru terlalu fokus untuk berceramah (teacher centered). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan non-tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah peneliti selaku guru yang meneliti, guru kelas serta teman sejawat selaku pengamat, dan peserta didik kelas V sebanyak 14 orang yang terdiri dari 8 orang peserta didik laki-laki dan 6 orang peserta didik perempuan. Data penelitian ini adalah: a) Rencana pelaksanaan pembelajaran, b) pelaksanaan pembelajaran yang berhubungan dengan guru dan peserta didik, c) hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 77,5% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 91% (Sangat Baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 80% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 92% (Sangat Baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 83,5% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 92% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 75 (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 88 (Baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:20
Last Modified: 20 Nov 2023 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48374

Actions (login required)

View Item View Item