Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Complete Sentence berbantuan Media Wordwall di Kelas V SDN 06 Pasaman

Putri, Aulia Ramadhani (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Complete Sentence berbantuan Media Wordwall di Kelas V SDN 06 Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_AULIA_RAMADHANI_PUTRI_19129093_5370_2023.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan di lapangan yang menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 06 Pasaman rendah dan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini dikarenakan guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang aktif sehingga membuat peserta didik pasif dalam pembelajaran. Pembelajaran hanya berpusat pada guru dan membuat peserta didik tidak terbiasa berdiskusi dan merangkai kata dalam mengemukakan pendapatnya. Media yang digunakan guru tidak bervariasi untuk menumbuhkan minat dan semangat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Complete Sentence berbantuan media Wordwall di kelas V SDN 06 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memakai pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mana di setiap siklusnya terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan non tes dengan memakai instrumen lembar tes dan lembar non tes. Sebjek penelitian ini adalah guru kelas V dan 29 orang peserta didik kelas V SDN 06 Pasaman. Hasil penelitian pada siklus I aspek RPP memperoleh rata-rata 83,3% kualifikasi baik (B), pada siklus II rata-ratanya menjadi 94,4% kualifikasi sangat baik (SB). Pada aspek guru di siklus I memperoleh rata-rata 82,81% kualifikasi cukup (C) dan pada siklus II rata-ratanya menjadi 93,75% kualifikasi sangat baik (SB). Aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 78,1% kualifikasi cukup (C) pada siklus II rata-ratanya menjadi 93,75% kualifikasi sangat baik (SB). Adapun hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh rata-rata 73,7 kualifikasi kurang (K) dan pada siklus II rata-ratanya menjadi 87,63 kualifikasi baik (B). Sedangkan hasil belajar aspek keterampilan siklus I memperoleh ratarata 72 kualifikasi kurang (K) dan pada siklus II rata-ratanya menjadi 86,64 kualifikasi baik (B) Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Complete Sentence dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di SDN 06 Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAkmal, Atika UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Complete Sentence, Wordwall
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:19
Last Modified: 20 Nov 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48372

Actions (login required)

View Item View Item