Efektivitas Bimbingan Kelompok untuk MencegahKecanduan Menonton Live-Streaming Video Game Online Siswa SMA Negeri 14 Padang

Daulay, Aminah (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok untuk MencegahKecanduan Menonton Live-Streaming Video Game Online Siswa SMA Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_05_AMINAH_DAULAY_19006006_4873_2023.pdf

Download (863kB) | Preview

Abstract

Kecanduan menonton live-streaming video game online telah menjadi masalah yang signifikan, sehingga banyak siswa/i yang mengalami dampak negatif kecanduan menonton live-streaming video game online hampir setiap hari dan setiap waktu. Kecanduan menonton live-streaming video game online ini sangat perlu dicegah karena bisa membuat kehidupan efektif sehari-hari terganggu. Dengan melakukan layanan bimbingan kelompok diharapkan dapat mencegah kecanduan menonton live-streaming video game online. Penelitian ini bertujuanuntuk (1) mengetahui profil kecanduan menonton live-streaming video game online siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok, (2) layanan bimbingan kelompok efektif untuk mencegah kecanduan menonton live-streaming video game online siswa/i. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Experiment dengan menggunakan One group pretest dan posttest design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 14 orang siswa/i yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket kecanduan menonton live-streaming video game online dengan model skala likert. Teknikanalisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test melalui SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil kecanduan menonton live-streaming video game online siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah, profil kecanduan menonton live-streaming video game online siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori sangat rendah, (2) layanan bimbingan kelompok efektif untuk mencegah kecanduan menonton live-streaming video game online pada siswa dengan koefisien sebesar -3.302 dan taraf signifikan 0,001.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Kecanduan Menonton Live-Streamingvideo game online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:59
Last Modified: 20 Nov 2023 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48352

Actions (login required)

View Item View Item