Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Geografi Materi Atmosfer Kelas X IPS SMA Pertiwi 1 Padang

Azra, Hasanatul (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Geografi Materi Atmosfer Kelas X IPS SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Hasanatul_Azra_19045072_7443_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Geografi materi Atmosfer kelas X IPS SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian adalah kuntitatif berbasis quasi experimental design pretestposttest. Populasi dalam penelitian adalah kelas X IPS SMA Pertiwi 1 Padang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu kelas X IPS 1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal tes (pretestposttest) berbentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan uji Normalitas, uji Homogenitas, uji Z dan uji Gain Ternormalisasi. Rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 44,57 sedangkan kelas kontrol sebesar 45,07 dengan selisih sebesar 0,50. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,89 sedangkan kelas kontrol sebesar 72,53 dengan selisih sebesar 9,36 artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Uji Z menunjukkan Z hitung ≥Z tabel =3,34≥1,96 maka H 0 diterima artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar. Uji Gain Ternormalisasi kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kriteria peningkatan tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,52 dengan kriteria peningkatan sedang. Dengan demikian hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih efektif dari pada menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorNova, SariUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:05
Last Modified: 20 Nov 2023 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48326

Actions (login required)

View Item View Item