Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring pada Mata Pembelajaran Geografi di SMA Yayasan Bunda Padang

Rohmah, Hasiya (2023) Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring pada Mata Pembelajaran Geografi di SMA Yayasan Bunda Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Hasiya_Rohmah_18045012_6243_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kendala dan solusi pembelajaran daring pada mata pembelajaran geografi di SMA Yayasan Bunda Padang. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Yayasan Bunda Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 11 orang siswa dan 1 guru geografi di SMA Yayasan Bunda Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan : 1. Kendala yang dialami dalam pembelajaran daring pada mata pembelajaran geografi sebagai berikut: a) jaringan internet yang buruk, b) tidak adanya kuota internet untuk belajar, c) guru sulit mengontrol siswa terutama pada penilaian, d) siswa yang tidak disiplin dan malas saat pembelajaran daring, e) siswa tidak paham dengan materi yang diberikan oleh guru, f) siswa tidak memiliki handphone android. 2. Solusi pembelajaran geografi secara daring yang diberikan sebagai berikut : a) pembelajaran geografi secara daring menjadi tanggung jawab guru sendiri, b) untuk masalah jaringan internet dan kuota serta ketidakpahaman materi guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas disekolah, c) mencari tempat dengan kualitas jaringan yang bagus, d) menggunakan wifi, e) belajar mandiri dengan membaca buku, mencari referensi dari internet serta menonton youtube untuk memahami materi yang tidak di mengerti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:05
Last Modified: 20 Nov 2023 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48325

Actions (login required)

View Item View Item