Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar Matematika Melalui Aplikasi Wordwall di SDN 18 Koto Luar Padang

Afriani, Sari (2023) Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar Matematika Melalui Aplikasi Wordwall di SDN 18 Koto Luar Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_02_SARI_AFRIANI_19003101_5819_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SDN 18 Koto Luar Padang. Hasil permasalahan yang ditemukan adalah adanya seorang anak yang teridentifikasi kesulitan belajar siswa tersebut memiliki permasalahan pada tingkat konsentrasinya yang rendah, dengan menerus kesulitan dalam memusatkan perhatiannya pada suatu kegiatan yang dikerjakan, Ketika diajak berbicara anak sering tidak mendengarkan, saat diberi instruksi anak gagal menjalankannya begitu juga dengan tugas yang diberikan, sering mengalihkan perhatiannya apabila ada rangsangan dari luar, sulit mengatur kegiatan maupun tugasnya, dan sering lupa dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa berkesulitan belajar matematika di SDN 18 Koto Luar Padang dengan menggunakan aplikasi wordwall quiz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject research dengan desain A-B-A. Dalam desain A-B-A, perilaku target awalnya dipantau terus menerus pada kondisi baseline (A1) untuk jumlah waktu yang telah ditentukan, diikuti dengan pengukuran pada kondisi intervensi (B), sebelum pengukuran pada kondisi baseline kedua (A2) diberikan pertimbangan tambahan. Kondisi baseline kedua (A2) ini berperan sebagai kontrol terhadap kondisi intervensi untuk meningkatkan kepastian bahwa variabel independen dan variabel dependen memiliki hubungan yang berfungsi. Subjek penelitian ini adalah seorang anak berkesulitan belajar matematika kelas IV SD. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah durasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase untuk melihat tingkat peningkatan konsentrasi pada anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukannya intervensi dari aplikasi wordwall quiz pada siswa berkesulitan belajar pada pembelajaran matematika kelas IV di SDN 18 Koto Luar Padang menjadi meningkat, sesuai dengan hasil analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: aplikasi wordwall quiz, kesulitan belajar matematika, konsentrasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:37
Last Modified: 17 Nov 2023 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48306

Actions (login required)

View Item View Item