Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di kelas IV UPT SDN 03 Sigintir Kabupaten Solok Selatan

Sukuri, Rahmat (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di kelas IV UPT SDN 03 Sigintir Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RAHMAT_SUKURI_18129297_2286_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah akibat proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru serta peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal demikian akan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model discovery learning. Jenis penelitian ini yaitu, penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik berjumlah 26 orang yang terdiri 16 laki-laki 10 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada siklus I 81,94% Dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB) Pada hasil pengamatan aspek guru pada siklus I 76,56% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II yaitu 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pengamatan aspek peserta didik pada siklus I 76,56% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II yaitu 93,75%dengan kualifikasi sangat baik (SB) hasil belajar tematik terpadu pada penelitian siklus I memperoleh rata-rata 77,12 meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 89,90 dengan demikian, berdasarkan data peneliti dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:24
Last Modified: 15 Nov 2023 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48274

Actions (login required)

View Item View Item