Pengembangan Bahan Ajar E-Book Kerajaan Islam di Indoneisa sebagai Penunjang Pembelajaran Sejarah

Anggraini, Amelia Putri (2023) Pengembangan Bahan Ajar E-Book Kerajaan Islam di Indoneisa sebagai Penunjang Pembelajaran Sejarah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Amelia_Putri_Anggraini_19046007_7006_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran sejarah di SMAN 8 Padang masih bersifat konvesional yang belum berbasis teknologi padahal SMA tersebut mendukung pembelajaran berbasis teknologi karena peserta didik diperbolehkan untuk membawa handphone kesekolah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui langkah-langkah pengembangan bahan ajar e-book dalam pembelajaran sejarah. (2) Menganalisis kelayakan bahan ajar e-book dalam pembelajaran sejarah. (3) Menganalisis kepraktisan bahan ajar e-book dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluate (Evaluasi). Uji kelayakan bahan ajar e-book (Validasi Produk) dilakukan oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh guru mata pelajaran sejarah dan peserta didik kelas X SMAN 8 Padang. Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi dan wawancara, sementara teknik analisis data angket melalui uji Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) e-book dirancang menggunakan canva dan menggunakan Aplikasi Fliphtml5 untuk membuat tampilan e-book seperti buku elektronik dan memasukan video pembelajaran pada e-book; (2) kelayakan e-book secara garis besar berada pada kategori sangat layak dengan memperoleh skor ahli materi 3.45, sedangkan ahli bahan ajar memperoleh skor 3.30; (3) praktikalitas e-book secara keseluruhan pada kategori sangat praktis dengan memperoleh skor praktikalitas guru 3.72, sedangkan praktikalitas peserta didik memperoleh skor 3.53. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-book pada pembelajaran sejarah materi Kerajaan Islam di Indonesia, layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:44
Last Modified: 14 Nov 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48265

Actions (login required)

View Item View Item