Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) di Kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan kota Padang

Rahmi, Intan Aulia (2023) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) di Kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_INTAN_AULIA_RAHMI_19129026_3350_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran peserta didik yang kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap kelompok, belum terjadinya interaksi dan kerja sama antar anggota kelompok, sering terjadi hanya satu atau dua orang saja yang aktif bekerja dalam kelompok, peserta didik yang pandai mendominasi kegiatan diskusi, dan di dalam satu kelompok hanya berisikan peserta didik yang memiliki kemampuan lemah/pandai saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization di kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan Kota padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 17 orang. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I a) RPP diperoleh rata-rata 85, 93% (B) dan siklus II menjadi 96, 87% (SB), b) pelaksanaan aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 85, 93% (B) dan siklus II diperoleh rata-rata 93, 75% (SB), pelaksanaan aspek siswa diperoleh rata-rata 85, 93 % (B) dan siklus II diperoleh rata-rata 93, 75% (SB), c) penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79.35% (D) dan siklus II diperoleh rata-rata 90,52% (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:19
Last Modified: 14 Nov 2023 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48241

Actions (login required)

View Item View Item