Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Inkuiri pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 15 Sungai Taleh Kabupaten Agam

Rasidiq, Rahmad (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Inkuiri pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 15 Sungai Taleh Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_RAHMAD_RASIDIQ_14129257_7438_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan guru melaksanaan pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Pemilihan model konvensional tidak disesuaikan dengan karakteristik siswa yang aktif dan memiliki rasa ingin tahu tinggi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Inkuiri pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 15 Sungai Taleh Kabupaten Agam dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada penilaian RPP, pengamatan pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Pada penilaian RPP, penilaian mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 89% (B) pada siklus I menjadi 94% (AB) pada siklus II. Pengamatan pelaksanaan pembelajaran aspek guru mengalami peningkatan dari rata-rata 88% (B) pada siklus I menjadi 97% (AB) pada siklus II. Pengamatan pelaksanaan pembelajaran aspek siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 82% (B) pada siklus I menjadi 93% (AB) pada siklus II. Didapati pula hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 80,2 (B) meningkat pada siklus II menjadi 90,6 (A). Hasil belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 79 (B) meningkat menjadi 87 (A) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan di atas dapat disimpulkan bahwa model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL INKUIRI, TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:42
Last Modified: 13 Nov 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48184

Actions (login required)

View Item View Item