Penerapan Strategi Information Search untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 17 Bukittinggi

Regita, Oktavia (2023) Penerapan Strategi Information Search untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 17 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_REGITA_OKTAVIA_19129154_7303_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, hal ini disebabkan oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 17 Pakan Kurai Bukittinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Information Search untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 17 Pakan Kurai Bukittinggi. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan siklus I pada RPP rata-rata 87,49% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 95,4% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 81,25% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 81,25% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 71,81 (kurang), meningkat pada siklus II menjadi 87,9 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi Information Search dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRATEGI INFORMATION SEARCH, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:32
Last Modified: 13 Nov 2023 01:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48183

Actions (login required)

View Item View Item