Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan.

Tinova, Annisa (2023) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ANNISA_TINOVA_19003048_2451_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang siswa tunagrahita ringan yang belum mampu mengenal huruf konsonan padahal siswa sudah berada di kelas V SLB. Berdasarkan permalahan yang ditemukan, siswa perlu diberikan media untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan sekaligus untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Media video animasi adalah media pembelajaran berbasis audiovisual yang terdapat unsur visual dan suara, video animasi dibuat dari animasi-animasi yang bergerak dan memiliki suara yang dapat menarik minat siswa belajar mengenal huruf konsonan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf konsonan siswa tunagrahita ringan di kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Kota Padang setelah menggunakan video animasi. Jenis penelitian ini dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. pada kondisi baseline (A1) dilaksanakan pengamatan sebanyak 4 kali pertemuan, kondisi intervensi (B) sebanyak 9 kali pertemuan, dan kondisi baseline (A2) sebanyak 4 kali pertemuan. Pengamatan data dilakukan dilakukan dengan teknik tes perbuatan dengan menggunakan alat pengumpulandata berupa instrument tes perbuatan dalam bentuk daftar checklist. Kemudian data analisis dengan teknik visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) diperoleh hasil 13%, 13%, 13%, 13%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 25%, 38%, 50%, 63%, 63%, 75%, 88%, 88%, 88%. Sedangkan pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 83%, 88%, 88%, 88%. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal huruf konsonan pada siswa tunagrahita ringan meningkat setelah menggunakan video animasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:56
Last Modified: 13 Nov 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48179

Actions (login required)

View Item View Item