Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar

Helena, Sonya (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_SONYA_HELENA_19129169_6900_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan oleh seorang guru kepada peserta didik agar terjadi proses mendapatkan ilmu pengetahuan. Penggunaan teknologi menjadi keharusan dalam proses pembelajaran saat ini. Penelitian ini bermula ketika kesenjangan kondisi yang peneliti temukan dilapangan, bahwa guru masih menggunakan LKPD yang bersifat sederhana dan belum melakukan pengembangan LKPD dengan memanfaatkan teknologi serta menyesuaikan dengan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang memanfaatkan teknologi dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire berbasis Discovery Learning pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Pengembangan LKPD ini menggunakan lima langkah prosedur penelitian desain dan pengembangan, yaitu Analysis, Design, Depelopment, Implementation dan Evaluation atau yang dikenal dengan (ADDIE). LKPD yang dirancang divalidasi oleh validator kemudian diujicobakan di kelas IV SDN 16 Tarok Dipo dan SDN 08 Tarok Dipo untuk mengetahui praktikalitas lembar kerja yang dikembangkan. Hasil penelitian dari LKPD yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat rata-rata validasi 3,66 dan presentase 91,64% dengan kategori valid. Hasil uji coba praktikalitas dinyatakan praktis dari hasil respon guru yaitu 90% dan hasil respon peserta didik 91,46% dengan kategori sangat praktis . dan hasil efektivitas mendapatkan presentase nilai 86% dengan kategori efektif. Dengan demikian, LKPD menggunakan Lectora Inspier berbasis Discovery Learning pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD yang dikembangan dinyakatan valid, praktis, efektif dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN LKPD, LECTORA INSPIRE, DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:54
Last Modified: 13 Nov 2023 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48170

Actions (login required)

View Item View Item