Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 03 Bidar Alam Solok Selatan.

Aprilia, Anggita (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 03 Bidar Alam Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Anggita_Aprilia_19129191_4085_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan yang menunjukan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 03 Bidar Alam Solok Selatan. Hal ini dikarenakan guru kurang menggunakan model pembelajaran inovatif, guru kurang menggali pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran, serta guru kurang memfasilitasi peserta didik untuk dapat menemukan sendiri penyelesaian masalah pada materi pembelajaran. Sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 03 Bidar Alam Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dimana penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus satu dengan dua pertemuan dan siklus dua dengan satu pertemuan. Setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 22 orang peserta didik kelas V yang terdiri dari 9 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian pada RPP siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 86,10% (B) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 94,44% (SB). Penilaian aspek guru dan peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 80,35% (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 92,85% (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 74,36 (C) dengan persentase ketuntasan 63,63%, meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,28 (B) dengan persentase ketuntasan 95,45%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajarn tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:39
Last Modified: 09 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48146

Actions (login required)

View Item View Item