Efektivitas Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Letter Bagi Anak Cerebal Palsy di Yayasan Rumah Gadang

Luke, Moriarti Warjean (2023) Efektivitas Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Letter Bagi Anak Cerebal Palsy di Yayasan Rumah Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_MORIARTI _WARJEAN LUKE_19003144 _1400_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di Yayasan Rumah Gadang Cerebal Palsy, peneliti menemukan seorang anak perempuan inisial L belum bisa membaca permulaan sedangkan anak sudah mengenal huruf abjad dari A-Z, di Yayasan anak belajar membaca menggunakan gambar kata sehingga anak kurang memahami membaca permulaan. Oleh karena itu peneliti ingin membantu anak dalam membaca permulaan menggunkan media pembelajaran Sandpaper Letter. Media Pembelajaran Sandpaper Letter adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas amplas yang disusun menjadi huruf abjad, dari media pembelajaran tersebut nanti akan dibentuk pola kata KVKV. Hal ini dikarena memudahkan anak untuk membaca permulaan dengan memperkenalkan pola kata KVKV tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui sebab dan akibat, dengan Single Subject Research (SSR) metode A-B-A. A1yaitu kondisi baseline pertama tanpa intervensi, B yaitu intervensi dan A2 kondisi setelah diberikan intervensi. Hasil penelitian dari masing-masing fase diketahui bahwasanya A1 anak mendapatkan data stabil dengan point persentase 30%, kondisi intervensi (B) anak mendapatkan nilai dengan point persentase yaitu 88% dan kondisi setelah diberikan intervensi (A2) dengan nilai persentase yaitu 92% sehingga dari hasil penelitian yang dilakukan ada peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan bagi anak cerebal palsy menggunkan media pembelajaran Sandpaper Letter dengan pola kata KVKV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:04
Last Modified: 06 Nov 2023 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48034

Actions (login required)

View Item View Item