Efektifitas Penggunaan Aplikasi Secil dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf vokal pada Anak Disleksia: Single Subject Research Kelas II SDN 10 Pancung Soal

Yulita, Mona (2023) Efektifitas Penggunaan Aplikasi Secil dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf vokal pada Anak Disleksia: Single Subject Research Kelas II SDN 10 Pancung Soal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Mona_Yulita_19003019_3141_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada permasalahan siswa disleksia yang belum mampu mengenal huruf vokal. Sehingga dengan demikian siswa ini perlu dikasih media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal serta juga memberi semangat dalam mengikuti pembelajaran. Aplikasi secil merupakan sebuah media pembelajaran yang berbentuk perangkat lunak dapat digunakan di gatged, yang berupa animasi, serta memiliki audio, sehingga membuat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran yang tidak monoton. Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan apakah aplikasi secil efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada siswa kelas II SD Negeri 10 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis Penelitian yang di gunakan yaitu eksperimen berbentuk SSR (single subject research) dan desain A-B-A. Pengamatan pada kondisi A1 (baseline) dilakukan 3 kali pertemuan, pada kondisi B (intervensi) dilakukan 4 kali pertemuan, namun pada kondisi A2 (baseline) dilakukan 3 kali pertemuan. Pada pengamatan data menggunakan teknik tes, dan alat dalam pengumpulan datanya instrument tes perbuatan berbentuk daftar ceklist. Analisis datanya menggunakan teknik visual grafik. Pada kondisi A1 (baseline) dilakukan pengamatan dengan nilai 40%, 40%, 40%. Saat kondisi B (intervensi) dilakukan pengamatan dengan nilai 50%, 90%, 90%, 90%. Namun pada kondisi A2 (baseline) dilakukan pengamatan dengan nilai 90%, 90%, 90%. Berdasarkan dengan hasil analisis data, bahwa sanya hasil penelitian membuktikan aplikasi secil efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudi, SetiaUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:04
Last Modified: 06 Nov 2023 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48033

Actions (login required)

View Item View Item