Analisis Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran PAI Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP

Nasution, Suryadi Ahmad (2023) Analisis Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran PAI Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SURYADI_AHMAD_NASUTION_19329191_4352_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI di kelas V, meliputi kedisiplinan siswa dalam pemebelajaran PAI, faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI, serta cara guru dalam menanamkan kedisiplinan siswa dalam pemebelajatan PAI. Metode yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Pembangunan Laboratorium UNP. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi untuk mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan Kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas V belum dapat dikatakan disiplin, dikarenakan beberapa peserta didik masih melanggar peraturan-peraturan disiplin di dalam kelas maupun peraturan sekolah, diantara ketidakdisiplinan yang di lakukan peserta didik yaitu sering terlambat sekolah, keluar masuk kelas saat pembelajaran masih berlangsung, tidak mengerjakan PR, dan tidak memperhatikan pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI dapat dilihat dari 2 faktor, yaitu faktor internal ada beberapa peserta didik yang minat dan motivasinya yang kurang terhadap belajar PAI di kelas V tersebut, kemudian dari lingkungan tempat tinggalnya juga berpengaruh buruk kepada peserta didik. Dan cara guru dalam menanamkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI bahwasanya guru kurang memberikan perhatian dan reward sehingga peserta didik kurang bersemangat dalam hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran PAI, selain itu guru juga tidak terlalu memberikan hukuman yang membuat peserta didik merasa tidak takut apabila berbuat salah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIkhlas, AlUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Nov 2023 04:14
Last Modified: 03 Nov 2023 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47956

Actions (login required)

View Item View Item