Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Liveworksheets Berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD

Fitri, Dola Azhari (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Liveworksheets Berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_DOLA_AZHARI_FITRI_18129244_7154_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan teknologi yang belum digunakan secara maksimal dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Agar peserta didik termotivasi dalam menerima pembelajaran, diperlukan pemanfaatan teknologi dan model pembelajaran yang tepat dan LKPD yang menarik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. LKPD biasanya hanya berupa lembaran-lembaran kertas dengan tulisan yang monoton dan kurang menarik, namun dengan mengembangkan LKPD menggunakan teknologi web Liveworksheets berbasis Discovery Learning ini guru bisa mengembangan LKPD ke dalam bentuk yang lebih menarik dan lebih memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four- D) yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung yang berjumlah 27 orang untuk mengetahui praktikalitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKPD menggunakan Liveworksheets berbasis Discovery Learning untuk siswa kelas IV SD. Hasil analisis terhadap instrumen validasi materi adalah 88,8%, validasi kebahasaan adalah 90%, dan validasi media adalah 92,70%, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid. Tingkat praktikalitas LKPD dari guru sebesar 97,14% (sangat praktis) dan tingkat praktikalitas LKPD oleh peserta didik mencapai nilai praktikalitas sebesar 92,86% (sangat praktis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, LIVEWORKSHEETS, DISCOVERY LEARNING, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Nov 2023 04:14
Last Modified: 03 Nov 2023 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47955

Actions (login required)

View Item View Item