Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan pada Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Lintau Buo.

Ismail, Ismail (2023) Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan pada Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Lintau Buo. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_ISMAIL_18073128_752_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terdapat banyak siswa yang masih belum mengenali dan belajar menurut minat yang dimilikinya ditunjukkan dengan minimnya perhatian dan keseriusan siswa dalam melakukan kegiatan praktek di bengkel, dan minat yang masih rendah dalam mengikuti proses belajar, sehingga ada beberapa orang siswa yang masih kurang mampu dalam melaksanakan praktek dengan baik. Dan pada akhirnya siswa akan merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga akan berakibat kurang efektifnya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara minat mekanik otomotif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran perawatan mesin kendaraan ringan kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Lintau Buo. Penelitian ini akan dilakukan menggunakan metode deskriptif jenis korelasional yaitu metode menautkan berupaya mengaitkan antara suatu item/elemen dengan item/elemen lainnya dalam upaya menciptakan suatu bentuk yang berbeda dari yang sebelumnya dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 52 orang siswa. Hasil uji validitas pada variabel minat mekanik otomotif yaitu sebanyak 40 butir penyataan valid, dan uji reabilitas menggunakan alpha crocbach. Hasil data penelitian untuk variabel minat mekanik otomotif pada variabel (X) sebesar 86,67% yaitu pada kategori baik, sedangkan hasil belajar pada variabel (Y) sebesar 75,60% yaitu pada kategori baik. Terdpatnya hubungan yang positif antara minat mekanik otomotif dengan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai sig nya 0.424 > 0.05 dengan nilai r tabel berdasarkan pedoman derajat hubungan sebesar 0.113 berada diantara 0.00-0.200 yang artinya sangat kurang.Berdasarkan rumus koefisien determinan maka didapatkan koefisien determinasi sebesar 12,57% yang artinya besarnya kontribusi minat mekanik otomotif terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat pemeliharaan mesin kendaraan ringan adalah sebesar 12,57%. Kata kunci : Minat, Minat Mekanik Otomotif , Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorNasir M, Nasir MUNSPECIFIED
CorrectorWagino, WaginoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MINAT, MEKANIK OTOMOTIF , HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:36
Last Modified: 03 Nov 2023 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47952

Actions (login required)

View Item View Item