Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Mahasiswa PPLK Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKRO Pada Mata Pelajaran PMKR Di SMKN 1 Sumatera Barat.

Arya, Irvan Rizky (2023) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Mahasiswa PPLK Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKRO Pada Mata Pelajaran PMKR Di SMKN 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_IRVAN_RIZKY_ARYA_18073058_4862_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa PPL masih ada yang kurang mampu mengkondisikan suasana kelas (kurang tanggap saat ada siswa yang ramai), kurang menguasai materi, sehingga siswa kurang paham terhadap penjelasan pembelajaran di kelas, kurang memperhatikan siswa saat memberikan tugas diskusi, Masih rendahnya pemanfaatan media pengajaran yang bervariasi dan menarik. Mahasiswa PPL belum dapat memanajemen waktu dalam pembelajaran. Masih ada siswa yang memperoleh hasil belajar yang kurang dari kriteria ketuntasan minimal yang terjadi di SMKN 1 Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menggungkapkan hubungan persepsi siswa tentang kompetensi mahasiswa PPLK dengan hasil belajar siswa dengan mengunakan metode kuantitatif yang bersifatkorelasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan penyebaran angket dan menggunakan teknik analisis data deskriptif, uji persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis.Penelitian ini bersifat korelasi yang bertujuan untuk mengetahui berapa besar Hubungan Persepsi siswa tentang kompetensi mahasiswa PPLK (X) terhadap hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XII TKRO di SMKN 1 Sumatera Barat sebanyak 59 orang peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan uji coba instrumen terdapat 41 soal valid dan 4 soal tidak valid. Hasil pengujian hipotesis dari kedua data yaitu data persepsi siswa terhadap kompetensi siswa PPLK dan hasil belajar siswa kelas XII TKRO pada mata pelajaran PMKR di SMKN 1 Sumatera Barat, hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang positif khususnya koefisien korelasi, antara persepsi siswa tentang kompetensi siswa PPLK dengan hasil belajar siswa kelas XII TKRO pada mata pelajaran PMKR. Dari perhitungan hasil uji koefisien determinan didapatkan hubungan antara variabel X dan variabel Y, sebesar 18%. Sedangkan 82% dipengaruhi oleh faktor lainnya.Hasil uji signifikansi dengan menggunakan uji-t juga dapat digunakan untuk menunjukkan adanya pengaruh positif yang substansial. Dengan menerima Ha, dapat disimpulkan bahwa koefisien determinasi adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartias, MartiasUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, ErzeddinUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, M. YesepUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI SISWA, KOMPETENSI MAHASISWA, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:31
Last Modified: 03 Nov 2023 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47943

Actions (login required)

View Item View Item