Hubungan Kecukupan Peralatan Praktik terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Candra, Alfiza (2023) Hubungan Kecukupan Peralatan Praktik terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_ALFIZA_CANDRA_18073082_5748_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berhubungan rendahnya motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecukupan peralatan praktik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif jenis korelasional. Diketahui adanya hubungan yang positif antara kecukupan peralatan praktik dengan motivasi belajar siswa, ditunjukkan Hal ini dapat dilihat pada koefisien korelasi sebesar (rhitung) lebih besar dari rtabel product moment (0.628) > r tabel 0.374) dan juga untuk keberartian koefisien korelasi didapatkan nilai thitung (3.879) > t tabel (1.701). Artinya kecukupan peralatan praktek dapat memberikan hubungan yang berarti dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Semakin lengkap peralatan praktek dan semakin maka semakin baik pula motivasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti atau signifikan antara kecukupan peralatan praktek dengan motivasi belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor siswa kelas XI Negeri 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
CorrectorNasir M, Nasir MUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, NuzulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, KELISTRIKAN, SEPEDA MOTOR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:38
Last Modified: 02 Nov 2023 04:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47894

Actions (login required)

View Item View Item