Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Junindra, Arespi (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ARESPI_JUNINDRA_21124003_7364_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik, dimana berdasarkan studi pendahuluan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu masih tergolong rendah atau cenderung nilai peserta didik di bawah kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, dengan menggunakan multimedia interaktif diharapkan dapat membantu mengatasi meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 di pilih karena mudah digunakan dan sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada pembelajaran tematik terpadu sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan desiminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 32 Bungo Pasang, SDN 45 Bungo Pasang dan SDN 51 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Instrumen pengumpulan data penelitian melalui lembar validasi (ahli materi, ahli media dan ahli bahasa), lembar praktikalitas (angket respon guru dan angket respon siswa) dan uji efektivitas (berupa butir soal). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas, analisis praktikalitas dan analisis efektifitas. Hasil analisis data diperoleh yaitu 1) validitas ahli materi dengan persentase nilai 96%, validitas ahli media dengan persentase nilai 93% dan validitas ahli bahasa dengan persentase nilai 94%, masing-masing tergolong kriteria sangat valid. 2) praktikalitas terhadap respon pendidik dengan persentase nilai 96% dan respon peserta didik dengan persentase nilai 91%, masing-masing pada kriteria sangat praktis. 3) Pada efektivitas untuk mengetahui peningkatan hasil belajar digunakan uji N–Gain score dengan nilai rata-rata Pre-test yaitu 57,54 naik menjadi 90,07 saat Post-test. Maka, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sudah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada jenjang sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF, MACROMEDIA FLASH 8
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:51
Last Modified: 01 Nov 2023 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47854

Actions (login required)

View Item View Item