Kontribusi Pengelolaan Bengkel terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menggunakan Mesin untuk Praktik Kerja pada Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Irawan, Yang Yung (2023) Kontribusi Pengelolaan Bengkel terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menggunakan Mesin untuk Praktik Kerja pada Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_YANG_ YUNG_IRAWAN_16067106_2973_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) mempunyai sarana fasilitas bengkel yang memiliki mesin dan peralatan untuk menunjang Pendidikan terutama untuk pembentukan kompetensi siswa, akan tetapi hasil belajar dalam menggunakan mesin untuk praktek kerja mesin masih banyak yang dibawah KKM. Banyak faktor penyebab, salah satunya pengelolaan bengkel permesinan yang kurang efektif. Tujuan penelitian ialah mengungkapkan kontribusi pengelolaan bengkel terhadap hasil belajar praktik kerja. Jenis penelitian dipakai pada penelitian ialah quantitative research bersifat korelasi. Populasi research ialah keseluruhan peserta didik kelas XI Teknik Mesin yang terdaftar pada SMK N 1 Sumatera Barat Tahun 2022/2023 berjumlah 61 orang dengan sampel 38 orang dan penyebaran sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel pada penelitian ini pengelolaan bengkel sebagai variable bebas (X) dan hasil belajar sebagai variable terikat (Y). Teknik analisis data pada research berupa korelasi penelitian, uji hipotesis, dan uji prasyarat. Berdasarkan analisis data dan diskripsi data maka diperoleh hasil penelitan (r hitung) 0.774 dan (r tabel) 0.320, dengan kriteria r hitung > r tabel maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya pengelolaan bengkel mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi tinggi dan koefisien determinasi 59.90%, artinya pengelolaan bengkel memberikan kontribusi sebesar 59.90% terhadap hasil belajar pada mata pelajaran menggunakan mesin untuk praktik kerja pada kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat sedangkan 40.10% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYufrizal A, Yufrizal AUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Randi PurnamaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BENGKEL, HASIL BELAJAR, TEKNIK PERMESINAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:26
Last Modified: 01 Nov 2023 04:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47841

Actions (login required)

View Item View Item