Efektivitas Media Picture Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia.

Pratiwi, Yurike Oktavia (2023) Efektivitas Media Picture Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Yurike_Oktavia_Pratiwi_19003113_2976_2023.pdf

Download (917kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan anak disleksia yang ditemukan pada kelas II sekolah dasar yaitu permasalahan pada kemampuan membaca permulaan dalam mengenal huruf vokal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah media picture book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain berbentuk A-B-A. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak disleksia di kelas II SD Negeri 09 Koto Luar. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik tes yang terdiri dari beberapa soal. Kemudian menggunakan teknik analisis data dengan visual grafik. Hasil analisis sebanyak 16 kali pengamatan data yang diperoleh yaitu pada baseline (A1) 0%, 0%, 0% dan 0%. Pengamatan pada kondisi saat intervensi yaitu 24%, 40%, 52%, 68%, 76%, 88%, 88%, dan 88%. Terakhir hasil pengamatan pada kondisi baseline (A2) diperoleh presentase kemampuan yaitu, 88%, 88% dan 88%. Dapat disimpulkan hasil penelitian mengindikasikan bahwa media picture book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
CorrectorRahmahsilvia, RahmahsilviaUNSPECIFIED
CorrectorKasiyati, KasiyatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:49
Last Modified: 01 Nov 2023 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47828

Actions (login required)

View Item View Item