Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di SLB Ummi Khaira Pasaman Barat

Ningrum, Sefira Dwi Cahya (2023) Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di SLB Ummi Khaira Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Sefira_Dwi_Cahya Ningrum_19003104_4581_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena penulis menemukan banyaknya prestasi yang didapatkan oleh siswa SLB Ummi Khaira Pasaman Barat baik di tingkat kabupaten hingga tingkat provinsi. Prestasi yang diperoleh siswa SLB Ummi Khaira tidak lepas dari peranan guru. Guru berupaya melatih siswa ketika melihat kemapuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran guru sebagai pendidik, pengajar, sumber belajar, fasilitator, pembimbing, panutan/teladan, motivator, pelatih, dan juga evaluator dalam meningkatkan prestasi yang pernah di peroleh siswa di SLB Ummi Khaira Pasaman Barat, (2) kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan prestasi siswa di SLB Ummi Khaira Pasaman Barat, (3) upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi siswa SLB Ummi Khaira Pasaman Barat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, dan guru penanggung jawab ekstrakulikuler. Instrumen penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu kualitatif Mile dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam meningkatkan prestasi siswa. guru sebagai pendidik, pengajar, pelatih, guru tidak terlalu memperhatikan kedisiplinan terhadap siswa. Guru sebagai sumber belajar, fasilitator guru menyusun strategi yang tepat sesuai dengan kondisi. Guru sebagai panutan/teladan guru mempraktekan model latihan kemudian siswa melakukan kembali. Guru sebagai motivator memberikan dukungan, dorongan siswa untuk berlatih lebih giat dan lebih baik. Guru sebagai pembimbing dan evaluator melaksanakan evaluasi diakhir latihan dan melihat apakah latihan hari itu memiliki peningkatan atau malah mengalami penurunan. (2) Kendala guru dalam meningkatkan prestasi yaitu emosional siswa, suasana hati siswa yang berubah-ubah, kurangnya kesabaran, kurangnya disiplin, sulit berkonsentrasi, keterbatasan fisik siswa, dan kurangnya fasilitas.(3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan prestasi yaitu tidak memaksa siswa dalam latihan, memperhatikan suasana hati siswa, memberikan dukungan dan melengkapi sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:48
Last Modified: 01 Nov 2023 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47822

Actions (login required)

View Item View Item